Friday, February 5, 2010

Jangan Biarkan Hal Kecil Mengganggu Kita


Dale carnegie pernah berkata: " Seringkali kita menghadapi sebua kepahitan hidup dengan sikap berani dan sabar, akan tetapi kemudian membiarkan hal-hal kecil meruntuhkan kita".
Samuel Pepys dalam diarynya menceritakan bahwa ia menyaksikan hukuman pancung yang dijatukan kepada sir Harry Vane, setelah Sir Harry menaiki panggung maka yang dikatakan kepada si algojo adalah jangan sampai si algojo ketika mememotong lehernya jangan sampai mengenai bisul di lehernya yang terasa sangat sakit olehnya.

Atau sebuah cerita yang dikemukan olh Admiral Byrd tetntang kenangan beliau etka berada dikutub selatan dimana paa anak buahnya hanya meributkan masalah-masalah kecil saja padahal mereka hidup dalam temperatur dibawah 80' dibawah 0'c :orang-orangku selalu bertengkar jila diantara mereka tidur melebihi batas waktu tidur yang menjadi giliran temannya.Dan juga diantara orang-orangku ada yang merasa muak bila seoang diantaranya mempunyai kebiasaan mengunyak kurang dari 28 kali sebelum makanan itu ditelannya,sebab hal-hal kecil seperti ini akan selau menajdi masalah yang sanggup merampas akal pada prajurit kutub atau orang-orang yang sangat disiplin pada ketaatan dan ketertiban.
Dale carnegie kemudian menceritakn tentang perjuangan sebuah pohon raksasa yang sudah tumbuh sejak empat ratus tahun silam,dimana melalui perjuangan yang sangat berat,disambar petir sebanyak puluhan kali,hujan salju dan badai salju ta terhitung jumlahnya selama masa empat ratus tersebut, tetapi tetap saja pohon itu tetap berdiri selama itu pula, sampai datanglah sepasukan besar kumbang,pasukan tersebut memakan bagain dalam kulit pohon tersebut dan secara perlahan-lahan tapi pasti menghancurkan inti kekuatan pohon tersebut dengan serangan kecil yang bertubi-tubi da kahinya dalam waktu singkatpohon yang telah berusia empat ratus tersebut musnah dan rata dengan tanah.
Raksasa hutan yang mampu bertahan dari segala macam hantaman petir,hujan salju serta badai salju ternyata tidak mampu menahan serangan kecil yang dilakukan secara bertubi-tubi oleh pasukan kumbang yang begitu kecilnya sehingga orang dapat memencet kumbang tersebut dengan jarinya tangannya.
Apakah kita akan menjadi Pohon raksasa tersebut?Tidakakh kita menyadari walaupun kita telah berhasil mengalahkan rintangan besar tapi seringkali kita mengabaikan hal-hal kecil yang menggerogoti kita.
Dale Carnegie menjelaskan akibat-akibat emosi yang ditimbulkan oleh hal-hal kecil tersebut,katanya: Didalam pernikahan pun sering kali terjadi hal-hal kcil yang dapat mendorong seseorng menjdi gila dan hal-hal kecil tersebut dapat pula menyebabkan sakit jantung yang hampir mendominasi erjadinya kasus penyakit jantung didunia.
Setidaknya itulah yang dikatakn oleh seorang seorang hakin di new york city bernama Da Joseph yang pernah menajdi seorang penasehat perkawinan dan berhadil menolong 40.000 pasangan yang tidak berbahagia,menjelaskan sebgaian besar ketidakbahagian dalam sebuah pernikahan ternyata disebabkan oleh hal-hal yang sepele.

* solusi melepas hal-ha kecil *

Bersihakan dulu lensa pikiran kita sehinga bisa menangkap gambar yang besar dari peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup kita. Gambar-gambar yang tidak dirusakan oleh sifat berlebihan dan tidak pula terlihat buruk oleh hawa nafsu.
kemudian tentukan gambar-gambar ini dalam area pandang yang lebih luas.Pandangan yang meletakan kelebihan dan kekurangan pada kedudukan yang sama akan membuat diri kita bisa lebih obyektif. jangan melupakan kebaikan disaat anda ingat atau sedang dilanda oleh hal keburukan. dengan cara ini ketidak bahagiaan yang diderita oleh kita biasanya kan lebih mudah sirna.

3 comments:

Nova Imoet said...

artikelnya keren ni..

Link Tea said...

Ngabsen dulu ah.. hadiir..
Susah juga ya. tapi memang harus dicoba n dicoba terus.. btw saya suka tuh potonya.. lucu n pas dg postingnya..

richo said...

wah tapi tetep waspada dengan hal2 kecil loh.. salam kenal...

Post a Comment

koment bisa berupa kritik,membangun,sopan,dan ga ada sara,