Wednesday, January 13, 2010

Mengetes Madu Asli



MAdu...
Yah banyak orang yang menyukai madu apalagi sudah banyak yang mengetahui khasiat madu asli dari mulai untuk pemanis minuman,sebagai bahan pencampur minum jamu atau diminum tanpa campuran apapun.
Yang jelas sudah banyak orang yang mengakui madu sebagai salah satu bahan alami yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
sedemikian terkenalnya madu,karena kebutuhan madu yang sangat tinggi dikalangan masyarakat maka ada juga segelintir orang yang melihat sebuah kesempatan dengan jalan ga bener meski dengan alasan klise yaitu kebutuhan ekonomi maka melakukan pemalsuan madu

Banyak cara yang dilakukan untuk mengetes madu asli guna mengetahui ciri madu asli tapi kenyataan masih banyak madu palsu yang beredar di pasaran.
seperti dengan :
1.Cara Ilmiah mengetes madu. Misalnya dengan analisa karbon, analisa mikroskopis, analysa hydroxymethylfurfural, analisa polaritas cahaya dan terakhir tes keasaman. Dari lima cara tersebut, empat di antaranya harus menggunakan bantuan alat yang cukup mahal harganya dan ketrampilan tinggi. Jadi, tidak semua orang bisa melakukannya.

2. Dengan meneteskan madu di air di atas piring kaca putih. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur dengan akan membentuk segi enam atau sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias Madu Asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang...dan masih banyak hal lainnya..

nah sekarang mungkin ada metode atau tips sederhana mengetes madu secara sederhana:

- Yang pertama, Bisa dilakukan dengan cara mencampur dengan sedikit air,bila yang asli biasanya akan terlihat lebih keruh dibandingkan dengan yang palsu.
- Yang kedua, bisa dilakukan dengan mengambil satu sendok makan madu dan panaskan..bila yang asli maka akan mendidih berbentuk bubble dan dan jatuh keluar sementara yang asli hanya terlihat seperti mendidih saja,untuk melakukan pengetesan ini lakukan dengan menggunakan suhu panas yang sama.
- Yang ketiga adalah setelah madu yang dipanaskan tadi sudah hangat maka ambil sebtang lidi, kemudian masukan dan putar lidi tersebut kemudian angkat apabila membentuk benang tipis maka bisa dipastikan madu tersebut madu asli.
- yang ke empat, Menggunakan sepotong ikan,masukan ikan tersebut kedalam sebuah topples kemudian masukan madu secukupnya dan diamkan selama seminggu.
Bila ikan yang dimasukan dalam topples tadi mengkerut maka dan tidak berbau maka madu tersebut adalah madu asli

So bagi kawan-kawan yang menyukai madu, tips-tips diatas semoga berguna untuk mengetahui ciri madu asli

3 comments:

Saung Web said...

Wah tips yang bagus nih.. sumpah baru tahu.. hehe..

Link Tea said...

Trims atas infonya sob.. dah saya follow tuh.. folloe back ya..

Saung Web said...

Wah ada yg tertinggal ni sob.. word verifikasinya cuman tampil sepotong tuh.. jadi susah kalau mau koment.. nih ada tipsnya

Post a Comment

koment bisa berupa kritik,membangun,sopan,dan ga ada sara,